REVIEW PERSENTASI KELOMPOK
Pada persentasi yang dilakukan oleh
kelompok kami, yaitu kelompok 10. Kami menjelaskan bahwa latar belakang kami melakukan ini adalah
karena anak
adalah makhluk sosial seperti juga orang dewasa
yang membutuhkan orang lain untuk dapat membantu mengembangkan kemampuannya dan juga mengambil pendapat dari John Locke, dimana anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap
rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungan. Dalam proses pembelajaran yang kami
lakukan, ada
beberapa anak yang suka dengan berhitung tetapi ada
juga anak yang
suka. Yang menjadi masalah utama pada anak-anak yaitu Matematika terutama perkalian dan pembagian.
Kami
juga menjelaskan jumlah anak yang kami ajari , yaitu lima orang anak yang
sedang duduk di kelas 3 SD (Hafis, Anwar, Indah, Aan dan Rizki ) yang
berusia 8-9 tahun, yang kami laksanakan sebanyak dua kali (60 menit setiap
pertemuan) pada hari Sabtu, 22 Maret 2014 (pukul 13.00 WIB) dan Minggu, 23
Maret 2014 (pukul 10.00 WIB), tepatnya
di Jalan Karya Setuju Medan (disalah satu rumah anggota kelompok). Kegiatan ini
dilakukan di Outdoor dengan layout
lingkungan taman.Fasilitas yang digunakan 9 buah kursi dan 3 buah meja. Alat Bantu yang digunakan 5 buah buku tulis, 5 buah pensil, 1 buah laptop, 1 buah kamera, dan reward (5 bungkus Cheetoss dan 5
kotak susu Indomilk)
Pembagian tugas kelompok pada pertemuan I, yaitu perkenalan oleh
Tika Ramadhani, sharing oleh Febri Inka, isi pertemuan I oleh Kristy Merlin, penutup oleh Tika Ramadhani, dan observer oleh Sony. Pada pertemuan II, pembuka oleh Kristy Merlin, flashback oleh Sony, isi pertemuan II oleh Tika Ramadhani, penutup oleh Kristy Merlin, dan observer oleh Febri Inka. Selain itu, kami juga
menjelaskan skenario yang di awal dibuat, proses pembelajaran yang terjadi dan
juga evaluasi. Laporan hasil pembelajaran pertemuan I, dimana kegiatan mengajar
berjalan lancar sampai akhir. Namun sangat sulit awalnya untuk menumbuhkan
minat siswa terhadap Matematika. Dan pada laporan hasil pembelajaran pertemuan
II, kegiatan mengajar pertemuan II ini berjalan dengan sangat baik. Antusias
siswa terhadap pelajaran Matematika meningkat dibanding pertemuan I.
Pada
persentasi tersebut, kami sudah berusaha menampilkan slide agar tampak lebih
menarik, dan menyusunnya dengan sistematika persentasi yang baik. Disini, saya
mengakui kekurangan dari kelompok kami yang kurang menjelaskan bagaimana
keadaan pembelajaran yang sesungguhnya terjadi karena hanya terfokus pada
sistematika saja urutan persentasi saja, dan kami juga kurang menguasai bahan,
serta kurangnya koordinasi tentang persentasi di hari tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar