Selasa, 24 Juni 2014

Persentasi kelompok


REVIEW PERSENTASI KELOMPOK
          Pada persentasi yang dilakukan oleh kelompok kami, yaitu kelompok 10. Kami menjelaskan bahwa latar belakang kami melakukan ini adalah karena anak adalah makhluk sosial seperti juga orang dewasa yang membutuhkan orang lain untuk dapat membantu mengembangkan kemampuannya dan juga mengambil pendapat dari John Locke, dimana anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungan. Dalam proses pembelajaran yang kami lakukan, ada beberapa anak yang suka dengan berhitung tetapi ada juga anak yang suka. Yang menjadi masalah utama pada anak-anak yaitu Matematika terutama perkalian dan pembagian.
          Kami juga menjelaskan jumlah anak yang kami ajari , yaitu lima orang anak yang sedang duduk di kelas 3 SD (Hafis, Anwar, Indah,  Aan dan Rizki ) yang berusia 8-9 tahun, yang kami laksanakan sebanyak dua kali (60 menit setiap pertemuan) pada hari Sabtu, 22 Maret 2014 (pukul 13.00 WIB) dan Minggu, 23 Maret 2014 (pukul  10.00 WIB), tepatnya di Jalan Karya Setuju Medan (disalah satu rumah anggota kelompok). Kegiatan ini dilakukan di Outdoor dengan layout  lingkungan taman.Fasilitas yang digunakan 9 buah kursi dan 3 buah meja. Alat Bantu yang digunakan 5 buah buku tulis, 5 buah pensil, 1 buah laptop, 1 buah kamera, dan reward (5 bungkus Cheetoss dan 5 kotak susu Indomilk)
Pembagian tugas kelompok pada pertemuan I, yaitu perkenalan oleh Tika Ramadhani, sharing oleh Febri Inka, isi pertemuan I oleh Kristy Merlin, penutup oleh Tika Ramadhani, dan observer oleh Sony. Pada pertemuan II, pembuka oleh Kristy Merlin, flashback oleh Sony, isi pertemuan II oleh Tika Ramadhani, penutup oleh Kristy Merlin, dan observer oleh Febri Inka. Selain itu, kami juga menjelaskan skenario yang di awal dibuat, proses pembelajaran yang terjadi dan juga evaluasi. Laporan hasil pembelajaran pertemuan I, dimana kegiatan mengajar berjalan lancar sampai akhir. Namun sangat sulit awalnya untuk menumbuhkan minat siswa terhadap Matematika. Dan pada laporan hasil pembelajaran pertemuan II, kegiatan mengajar pertemuan II ini berjalan dengan sangat baik. Antusias siswa terhadap pelajaran Matematika meningkat dibanding pertemuan I.
Pada persentasi tersebut, kami sudah berusaha menampilkan slide agar tampak lebih menarik, dan menyusunnya dengan sistematika persentasi yang baik. Disini, saya mengakui kekurangan dari kelompok kami yang kurang menjelaskan bagaimana keadaan pembelajaran yang sesungguhnya terjadi karena hanya terfokus pada sistematika saja urutan persentasi saja, dan kami juga kurang menguasai bahan, serta kurangnya koordinasi tentang persentasi di hari tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar